Berbagi Ilmu tak ada salahnya. Ilmu terus berkembang tiap waktu. InsyaALLAH kan temukan hasil sesuai yang diharapkan. Dimohon dengan sangat, kiranya melakukan copy, mohon cantumkan link sebagai sumber

Rabu, 26 Desember 2012

Kepariwisataan Kabupaten Karanganyar


Ngek ngik ngekkkkkk.... ta taaa.... ini dia makalah bersejarah untuk adikku keponakan. ^_^ selamat buat adikku yang bisa jadi juara favorit meskipun bukan juara utama ^_^


MAKALAH KEPARIWISATAAN
PENDAYAGUNAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN PROMOSI PARIWISATA DI KABUPATEN KARANGANYAR
  


DISUSUN OLEH :
Nama          : HANA DEVIYANOVA
Alamat        : GEDANGAN NANGSRI  RT.04/05 KEBAKKRAMAT, KARANGANYAR


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ...............................................................................................        1
DAFTAR ISI ...........................................................................................................         2
KATA PENGANTAR .............................................................................................       3
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  …………………..……………………………………      4
B.     Rumusan Masalah ………..……………………………………………      5
C.     Tujuan Penulisan ……………..……………………………………….       5
D.    Manfaat Penulisan …………………………………………..…………      5
PEMBAHASAN ……………………………………………………………………     6
KESIMPULAN ……………………………………………………………………..     11
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………     11


KATA PENGANTAR

Puji  syukur  kehadirat  Allah  Swt.  atas  segala  rahmat  dan  hidayah-Nya  sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “PENDAYAGUNAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN PROMOSI PARIWISATA DI KABUPATEN KARANGANYAR”. Makalah  ini  disusun  untuk  memenuhi tugas keikutsertaan Pemilihan Putra Putri Lawu Duta Wisata Karanganyar Tahun 2012 . Penyusunan  makalah ini tidak lepas  dari bantuan  dari  berbagai pihak. Oleh  karena itu, saya menyampaikan terima  kasih  kepada  orang tua dan saudara saya, yang telah memberikan semangat dan motivasi kepada saya dalam menyusun makalah ini. Serta  kepada  seluruh  pihak  yang  telah  membantu  selama  proses  penyusunan makalah ini. Penyusun juga menerima segala kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.  Akhirnya saya berharap,  semoga  makalah  ini  dapat bermanfaat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Karanganyar, 7 Juli 2012




Penyusun Makalah

  
PENDAHULUAN

A.                LATAR BELAKANG
Pelaksanaan pembangunan daerah pada dasarnya merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Dalam pengembangan daerah sudah barang tentu dibutuhkan peningkatan pendayagunaan, potensi daerah secara optimal sesuai dengan ketentuan pasal 157 UU No. 32 Tahun 2004 yang mengatur sumber-sumber pendapatan daerah. Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang terdiri dari hasil pajak daerah, hasil retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, serta pendapatan lain-lain asli daerah yang sah, merupakan gambaran potensi keuangan daerah. Berkaitan dengan pendapatan asli daerah dari sektor retribusi, maka daerah dapat menggali potensi sumber daya alam yang berupa obyek wisata.
Bidang pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menunjang pembangunan perekonomian nasional. Sektor ini dicanangkan selain sebagai salah satu sumber penghasil devisa yang cukup andal, juga merupakan sektor yang mampu menyerap tenaga kerja dan mendorong perkembangan investasi. Untuk mengembangkan sektor ini pemerintah berusaha keras membuat rencana dan berbagai kebijakan yang mendukung kearah kemajuan sektor ini. Salah satu kebijakan tersebut adalah menggali, menginventarisir dan mengembangkan obyek-obyek wisata yang ada sebagai daya tarik utama bagi wisatawan.
Pariwisata mempunyai peranan penting dalam pembangunan nasional, yaitu sebagai penghasil devisa, meratakan dan meningkatkan kesempatan kerja dan pendapatan, memperkokoh persatuan, dan kesatuan, serta mengenal budaya bangsa. Seperti yang telah diamanatkan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1999.
Dalam pembangunan kepariwisataan tetap dijaga terpeliharanya kepribadian penduduk dan kelestarian serta mutu lingkungan hidup. Pembangunan kepariwisataan di wilayah Kabupaten Karanganyar dilakukan secara menyeluruh dan terpadu dengan sektor-sektor pembangunan lainnya serta antara berbagai usaha kepariwisataan yang kecil, menengah dan besar agar saling menunjang. Tanpa melalaikan ketentuan yang telah ada pada peraturan daerah Kabupaten Karanganyar sendiri dengan No.20 tahun 2006 tentang retribusi ijin pengelolaan usaha pariwisata.
Kabupaten Karanganyar mempunyai potensi bidang pariwisata yang cukup besar untuk dikembangkan, dengan adanya berbagai obyek wisata, baik obyek wisata alam maupun obyek wisata buatan. Sebut saja Air Terjun Grojogan Sewu , Taman Wisata Sondokoro serta Cemoro Sewu. Ketiga objek pariwisata ini telah membuktikan potensi pariwisata Kabupaten Karanganyar yang besar dimana mampu menarik minat wisatawan untuk setiap waktunya.
Adanya kontribusi dari objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu, Taman Wisata Sondokoro, dan Cemoro Sewu kita bisa melakukan pengembangan pada sector usaha kepariwisataan.dengan melakukan peningkatan pengelolaan objek pariwisata lain pula. Dalam hal ini terutama faktor-faktor penunjang obyek wisata seperti daya tarik, sarana dan prasarana serta promosi. Maka dari itu tidak ada salahnya kiranya melakukan pengembangan dan pendayagunaan PAD guna langkah promosi dan pengembangan pariwisata Kabupaten Karanganyar.

B.                 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian yang telah dijabarkan diatas, yang menjadi lingkup permasalahan dalam makalah ini adalah:
1.      Bagaimana cara pengembangan dan promosi Pariwisata Kabupaten Karanganyar dengan pendayagunaan Pendapatan Asli Daerah?
2.      Apa saja permasalahan yang masih muncul dalam kaitannya dengan objek pariwisata di Kabupaten Karanganyar?

C.  TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari makalah ini berdasarkan rumusan masalah yang telah dijabarkan di atas yaitu :
1.      Mengetahui cara pengembangan dan promosi Pariwisata Kabupaten Karanganyar dengan pendayagunaan Pendapatan Asli Daerah.
2.      Mengetahui permasalahan yang masih muncul dalam kaitannya dengan objek pariwisata di Kabupaten Karanganyar dan pemberian solusinya.

D.    MANFAAT PENULISAN
Manfaat dari makalah ini, antara lain :
1.      Memperlihatkan cara mendayagunakan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Karanganyar sebagai langkah pengembangan dan promosi pariwisata Kabupaten Karanganyar.
2.      Memperlihatkan permasalahan dan solusi permasalahan objek pariwisata di Kabupaten Karanganyar