Berbagi Ilmu tak ada salahnya. Ilmu terus berkembang tiap waktu. InsyaALLAH kan temukan hasil sesuai yang diharapkan. Dimohon dengan sangat, kiranya melakukan copy, mohon cantumkan link sebagai sumber

Minggu, 22 April 2012

RPL tugas akhir semester 5


ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
JUNKO
 GENTA GROUP
Anis Fagustina                              M0509010
Chandra Purnamaningsih             M0509018
Dhimas Bagus Sudiro U.              M0509020
Khoirul Syaifudin                          M0509040
Lynda Rahmawati                         M0509044
Setyo Basuki                                M0509064


JURUSAN INFORMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
                                                          2011


DAFTAR ISI

I.        Judul ................................................................................................................................  1
II.      Daftar Isi ....................................................................................................................................             2
III.    Tabel Document Revision History...............................................................................................  3
I.               Profil Perusahaan........................................................................................ ..............   3
II.             Bussiness Case ....................................................................................... .....................
III.           Bussines Need ..............................................................................................................
IV.          Project Bunefit ................................................................................................. ...............
V.            Deskripsi Project ................................................................................................... ..........
VI.          Scope Project .....................................................................................................................
VII.              Scope Sistem .....................................................................................................................
VIII.            Functional Requirement  .................................................................................................
IX.           Non Functional Requirement ......................................................................................
X.              Dokumentasi ...................................................................................... ...........................
XI.            Activity Diagram ........................... ........................................... ........................... ......
1.       Activity Diagram Member  ........................... ...........................................
2.       Activity Diagram Admin........................... ...........................................
XII.                               Use Case ........................... ...........................................
1.       Use Case Diagram  ........................... ...........................................
2.       Use Case Description ........................... ...........................................
XIII.             Class Diagram ........................... ........................................... ...........................
XIV.            Sequence Diagram  ........................... ........................................... ...........................
1.       Sequence Diagram Cart Pemesanan ...... ...........................................
2.       Sequence Diagram Edit Produk ...... ...........................................
3.       Sequence Diagram Add Produk ...... ...........................................
4.       Sequence Diagram Delete Produk ...... ...........................................
5.       Sequence Diagram Edit Qty ...... ...........................................
6.       Sequence Diagram Edit Transaksi ...... ...........................................
7.       Sequence Diagram Konfirmasi Pembayaran ...... ...........................................
XV.              State Machine ...................... ........................................... ...........................
1.       State Machine Transaksi ...... ...........................................
2.       State Machine Login ...... ...........................................
3.       State Machine Cart ...... ...........................................
XVI.            Data Manajemen Layer ...... ...........................................
1.       Object Persistance Diagram...... ...........................................
2.       Tabel Dictionary ...... ...........................................
XVII.          Human Computer Interaction Layer ...... ...........................................
XVIII.        Package Diagram ...... ...........................................
XIX.             Perancangan User Interface ...... ...........................................
XX.                               Physical Architecture Layer
1.       Deployement Diagram
2.       Hardware dan Software Specification
XXI.             Activ





III. Tabel Document Revision History
No.
Revision History
Description
Author
1.
Bussines Case
-          Bahan tidak bisa di customize karena pada saat input product sudah beserta bahan.
-          Ada tambahan di bussines case di no 4 ,5
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
2.
Bussines Proses
-          Di Bisniss Proses sebagian besar ada perubahan .
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
3.
Funtional Requirement
-          Pada Functional Requirement terdapat tambahan 4 fungsi

Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
4.
Activity Diagram
-          Pada Activty Diagram terdapat perubahan pada activity diagram admin dan member
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
5.
Usecase
-          Pada Usecase terdapat perubahan meliputi  :
·         fungsi memberi comment dan membalas comment digabung menjadi add comment.
·         Konfirmasi pesanan dihilangkan
·         Konfirmasi terima order dihilangkan
·         Ditambah fungsi melihat data pribadi member dan memanage data pribadi member
·         Ditambah fungsi delete member
-          Pada Usecase Narative juga mengalami perubahan pada fungsi – fungsi di atas.
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
6.
Class Diagram
-          Pada Class Diagram juga mengalami perubahan meliputi tambahan class :
·         Class Registrasi dihapus
·         Class Member menjadi class User
·         Class Order menjadi class transaksi
·         Ditambah class transaksi detail , Class Produk Detail, Class Qty, Class Pembayaran , Class Cart
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
7.
Sequence Diagram
-          Pada Sequence Diagram terdapat perubahan meliputi :
·         Pada sequence diagram pemesanan menjadi cart pemesanan karena pada pemesanan harus melalui cart.
·          
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
8.
State Machine
-          Pada State Machine terjadi perubahan karena menyesuaikan class yang baru.
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
9.
Data Manajement Layer
-          Telah dirancang Data Management Layer
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
10.
Human Computer Interaction Layer
-          Telah dirancang Human Computer Interaction Layer
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
11.
Package Diagram
-          Telah dirancang Package Diagram
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
12.
User Interface
-          User Interface Design Prototype
-          Telah dirancang Window Navigation Diagram
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
13.
Physical Arcitecture Layer
-          Deployment Diagram
-          Hardware & Software Specification.
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki
14.
Implementasi
-          Telah dirancang Implementasi
Anis Fagustina , Chandra Purnamaningsih, Dhimas Bagus , Khoirul Syaifuddin, Lynda Rahmawati, Setyo Basuki


 

I.            Profile Perusahaan :
Pada project anapersis kami kali ini, kami mengamati sistem pada suatu distro, menganalisa dan mencoba membuat suatu sistem yang membantu permasalahan distro.
Distro yang kami pilih :
Alamat :JL. MT Haryono 14 Manahan Solo,


 Ph : 0271-912 8005 / 085 642 358 168
Bag produksi : 085 642 358 168


e-mail : theclothingmaker@yahoo.com
Distro ini melayani pemesanan produk pakaian, costum, T-shirt, topi, sepatu dan berbagai produk lain yang diinginkan pelanggan. Distro ini melayani pemesanan dengan design dari distro ataupun dari costumer.
Sampai saat ini, distro belum memiliki sistem/web yang digunakan untuk membantu pemesanan produk. Pemesanan produk masih dilakukan secara langsung.
II.            Business  Case:
Junko merupakan salah satu distro yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah. Junko melayani pemesanan berbagai produk seperti pakaian, kostum, T-shirt, topi, sepatu dan berbagai produk lain.
Junko ingin membuat suatu sistem yang dapat memenuhi criteria yang diinginkan oleh Junko. Antara lain :
1.   Junko mengutamakan kepuasan customer, sehingga Junko akan mengusahakan untuk memenuhi setiap pesanan dari costumer. Untuk memenuhi kepuasan customer, Junko bersifat fleksible dalam hal berikut:
                           - Ukuran produk
Junko memiliki standar ukuran produk-produknya. Akan tetapi ukuran tersebuat masih bisa diubah sesuai dengan keinginan customer.
-     Design produk
Junko bersedia membuatkan produk yang didesain sendiri oleh customer.
Junko juga bersedia mendesainkan produk dalam hal model pakaian, dan pendesainan ini tidak dikenakan biaya. Tetapi apabila customer ingin agar Junko mendesainkan motif/gambar-gambar yang ada di produk (misal customer hanya dapat menggambar desain secara manual dan ingin agar Junko membuat design dalam bentuk digital), ada biaya yang dikenakan.
2.       Junko melayani pemesanan tanpa batasan jumlah, pemesanan 1 buah produk pun tetap dilayani.
3.       Junko bisa melayani pemesanan tanpa batasan wilayah. Pesanan dari manapun tetap dilayani dengan syarat apabila ada biaya pengiriman akan ditanggung costumer.
  1. Costumer boleh mengcustomize pesanan. Dalam satu kali pemesanan, customer bisa memesan lebih dari satu produk, dengan ukuran bisa lebih dari satu jenis. Tapi dalam satu design produk, harus dengan satu bahan. Setiap satu jenis produk, akan dimasukkan dalam kelas order. Dalam satu pesanan bisa terdiri dari 1 order atau lebih. Setiap pesanan masuk ke kelas produk order.
  2. JUNKO memproses produk sesuain dengan design yang diupload customer, baik corak maupun warna. Warna yang dibuat juga berdasarkan design yang diupload, mengingat keanekaragaman warna.
Problem :
Distro JUNKO merupakan distro baru, sehingga belum banyak permasalahan yang pernah ditemui sampai saat ini. Permasalahan utama yang dihadapi sebatas mengenai cara pemesanan manual yang dinilai kurang efisien.
Business prosesnya :
Customer dapat melihat sample produk yang ditawarkan oleh distro sebagai sampel apabila ada customer yang ingin membuat produk dengan desain yang sama atau hampir sama. Customer harus mendaftar sebagai member jika ingin memesan product junko atau melakukan transaksi lainnya. Pemesanan dapat langsung menggunakan sampel produk dari Junko, bisa pula dengan menggunakan desain sendiri. Dari halaman produk customer memilih produk yang akan dipesan dengan design yang sama atau hampir sama dengan produk yang dipilih. Apabila customer menggunakan desain dari Junko, customer bisa langsung memesan dan bisa melihat harga yang tertera. harga tersebut sudah tidak ada perubahan. Apabila desain dibuat sendiri, maka customer harus meng-upload design pada field keterangan, dengan jumlah, dan ukuran yang diinginkan.
Pesanan yang ingin dipesan akan masuk ke keranjang belanja. Pada keranjang belanja tersebut akan tercamtum harga produk, akan tetapi harga tersebut hanya perkiraan bukan harga pasti. Harga akan menyesuaikan design dari member(tingkat kesulitan pembuatan produk mempengaruhi harga). Sehingga customer harus menunggu tanggapan dari admin. Admin akan menanggapi design yang diajukan dan mencantumkan harga pesanan di web itu juga. Apabila customer setuju dengan harga yang ditawarkan, maka bisa langsung memesan produk. Setelah melakukan pemesanan secara online customer bisa melakukan pembayaran DP secara langsung (datang ke kantor) atau bisa pula dengan transfer uang minimal sebesar 50% dari total biaya yang dikenakan. Apabila pembayaran dilakukan secara langsung maka pembayaran akan langsung dicatat dan pesanan akan segera diproses. Apabila pembayaran via transfer, costumer harus mengisi halaman konfirmasi pembayaran yang ada di transaksi. Konfirmasi akan dilihat oleh admin dan admin akan mengecek apakah konfirmasi yang ada valid atau tidak. Jika valid kemudian pesanan akan segera diproses. Jika tidak admin akan mengirim pesan kepada customer melalui comment. Apabila customer tidak mengirimkan konfirmasi dalam 1 minggu, maka dianggap tidak melakukan pembayaran dan pesanan batal diproses karena dianggap belum melakukan transfer.
Setelah DP selesai, pesanan dibuat oleh Junko. Perubahan model maupun ukuran masih bisa diterima selama pemesanan belum lebih dari 1 minggu dari pesanan.
Junko akan melaporkan status pesanan ke customer bila pesanan sudah selesai dibuat, dan memberi sampel produk jadi ke customer. Pesanan yang sudah jadi tidak langsung dikirim, akan tetapi customer harus melunasi biaya yang dikenakan terlebih dahulu. Setelah pembayaran lunas pesanan akan dikirim. Biaya pengiriman pesanan ditanggung oleh customer.
III.            Business Need :
Dari hasil interview yang kami lakukan terhadap pengelola distro. Kami dapat menyimpulkan bahwa :
-                Saat ini distro belum memiliki sistem informasi yang dapat digunakan sebagai sarana pemesanan secara online bagi costumer.
-                     Distro ingin membuat sustu sistem pemesanan online untuk meningkatkan pemasaran produknya.
-              Distro ingin agar sistem yang dibuat memenuhi aturan bisnis yang yang tertera pada business case dan memenuhi aturan bisnis proses di atas.
IV.            Project Benefit :
Keuntungan yang dapat diperoleh oleh perusahaan (dalam hal ini Junko) antara lain :
-       Memperluas jangkauan pemasaran produk.
-       Memungkinkan semakin banyaknya pesanan karena pemasran semakin luas.
-       Memungkinkan semakin banyaknya keuntungan yang didapat dari pesanan yang bertambah banyak.
-       Meningkatkan daya saing Junko di kalangan distro.


V.            Deskripsi project :
Project ini merupakan proyek pembuatan sistem informasi dan pemesanan bagi distro “JUNKO”
VI.            Scope Project :
-          Project yang akan dikerjakan oleh kelompok “GENTA” berupa sistem informasi dan pemesanan secara online.
-          Project ini meliputi : pembuatan sistem, instalasi dan training ke pengguna sistem.
-          Project ini hanya berlaku untuk distro “JUNKO”.
VII.            Scope Sistem :
Sistem yang akan kami buat merupakan sebuah sistem berbasis web yang dapat digunakan untuk pemesanan produk-produk distro “JUNKO”. Sistem pemesanan ini berlaku untuk pemesanan dari semua daerah (jangkauan pemesanan tidak dibatasi).
VIII.            Functional Requirement :
-                                       Sistem dapat digunakan untuk pemesanan produk Semua user dapat melihat profile perusahaan, daftar produk sample, ukuran produk standart dan bahan yang ditawarkan beserta harganya. Sistem memungkinkan User yang login sebagai pelanggan tetap dapat mengelola data pelanggan, tapi tidak bisa mengubah data jumlah transaksi pemesanan.Sistem memungkinkan User yang akan memesan produk bisa memilih sample yang ditawarkan atau mengupload design produknya sendiri. Sistem memungkinkan user dapat memilih ukuran, jumlah dan bahan sesuai keinginan (bisa dengan ukuran standar junko atau member ukuran sendiri) Sistem memungkinkan bagi pelanggan tetap dan admin, bisa melihat data transaksi yang pernah dilakukan Sistem memungkinkan admin untuk mengelola data produk, ukuran dan bahan Junko  Sistem memungkinkan admin untuk mengelola data order(pesanan), seperti mengupdate status order, mengubah harga order Sistem dapat digunakan oleh admin dan member untuk saling berkomunikasi dengan saling memberi comment Sistem memungkinkan user untuk mendaftar sebagai member


IX.            Non Functional Requirement :
-          Sistem memiliki authentifikasi bagi admin dan pelanggan tetap
-          Authentifikasi memberikan hak akses tersendiri untuk tiap jenis user (admin ataupun pelanggan tetap)
-          Tampilan design full color
-          Harus ada logo Junko
-          Admin dapat mengelola semua content yang ada dalam web.
X.            Dokumentasi :
Metode fact finding yang kami gunakan adalah interview.
Kami mendatangi kantor Junko yang terletak di JL. MT Haryono 14 Manahan Solo dan bertemu dengan operasional Junko.
Kemudian ada beberapa hal yang disepakati :
-          Group GENTA akan mengunjungi kantor untuk membahas mengenai project setiap seminggu sekali.
-          Penandatanganan persetujuan proyek akan dilakukan oleh owner Junko sendiri.
Script interview dengan pihak JUNKO
1.       Apakah bahan harus dari Junko ?
Bahan harus dari junko, tapi JUNKO fleksibel dalam pemilihan jenis bahan.
2.       Apakah penentu dasar harga ?
Berdasarkan jumlah dan tingkat kesulitan.
3.       Darimanakah desain produk ditentukan ? customer langsung ataukah junko ?
Customer bisa mendesain sendiri desain yang diharapkan. Akan tetapi junko juga bisa membuatkan desain jikalau customer menghendaki.
4.       Apakah pembuatan desain nantinya juga mempengaruhi harga pesanan ?
Desain  model tidak dikenakan biaya. Tapi untuk motif-motifnya kami kenakan biaya.
5.       Terkait ukuran apakah ukuran sudah disiapkan dari Junko ?
Ukuran ikut pemesanan tetapi disini juga menyediakan ukuran default.
6.       Macam produk yang disediakan ?
Jaket, followshirt, blazer, tas, topi. Tergantung pemesanan.
7.       Bahan yang tersedia apa saja ?
Ada stok standard, tapi jika ada pesanan yang berbeda bisa.
8.       Berapakah minimal barang pesan yang dilayani ?
Kami tidak membatasi jumlah barang pesanan, jumlah satu pun kami layani.
9.       Scope pemesanan hanya berlaku untuk wilayah sekitar solo apakah juga menerima pesanan luar kota ?
Bisa memenuhi hingga luar daerah dengan biaya pengiriman ditanggung customer.
10.   Apakah diberlakukan system member bagi customer yang hendak melakukan transaksi ?
Sementara junko belum menerapkan system member.
11.   Bagaimakah system pembayarannya ? Berapa persen yang harus dibayar customer terkait pemesanan ? Adakah ketentuan batas waktu pembayaran ?
Kami menyediakan dua pilihan. Bisa dilakukan secara langsung tapi juga bisa dilakukan transfer dengan memanfaatkan resi sebagai bukti dengan DP 50% dari total harga pemesanan dengan angsuran 2 kali. Jadi bila sudah ada DP, saat itu juga pesanan baru masuk ke daftar pemesanan kami. Tanpa memberikan batas waktu pembayaran.
12.   Apakah ada promo ?
Sementara belum pernah ada promo khusus. Hanya saja kami mempunyai kebijakan pemberian hak special berupa harga special bagi customer tetap kami. Customer tetap tidak lain adalah customer yang telah melakukan 3 kali transaksi pemesanan dengan kami.
13.   Sudah adakah kerjasama dengan pihak lain ?
Sudah. Ada kerjasama dengan beberapa pihak berupa pembuatan catalog.
14.   Adakah batas waktu minimal dan maksimal dalam pemenuhan pemesanan ?
Sementara ini yang ada hanyalah apabila barang pemesanan tersebut sedikit, maksimal 2 minggu. Dan apabila jumlah pemesanan banyak, maksimal 3 minggu. Tapi semua itu menyesuaikan tingkat kesulitan juga.
15.   Bagaimana proses transaksi yang dikehendaki ?
Customer yang hendak melakukan transaksi tidak harus melakukan login terlebih dahulu. Kami hanya memerlukan resi dan contact person dari customer. Dalam proses pemesanan selalu di usahakan ada konfirmasi pesanan siap apa belum barang pesanan. Jika barang sudah siap, dan pembayaran lunas. Maka barang akan dikirim ke customer. Akan tetapi jikalau pembayaran belum dilunasi meskipun barang sudah siap, maka barang juga tidak dikirim.
16.   Bisakah customer melakukan perubahan pemesanan ?
Customer bisa melakukan perubahan pemesanan produk selama 1 minggu setelah hari itu melakukan pemesanan. Apabila lebih dari itu, junko menganggap barang yang di pesan di awal pemesanan adalah barang pesan yang sebenarnya.