PENERAPAN
TRIGONOMETRI PADA
KOMPUTER
GRAFIK
Disusun
Oleh :
S.Handhina
Y M0508021
Anis Fagustina M0509010
Dhimas Bagus S U M0509020
Tisna Dedi Utama M0509070
Anis Fagustina M0509010
Dhimas Bagus S U M0509020
Tisna Dedi Utama M0509070
JURUSAN
INFORMATIKA
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
Pendahuluan
Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut
dan metro = mengukur) adalah sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan
sudut segi tiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen.
Trigonometri memiliki hubungan dengan geometri, meskipun ada ketidaksetujuan
tentang apa hubungannya; bagi beberapa orang, trigonometri adalah bagian dari
geometri.
SUDUT-SUDUT ISTIMEWA DALAM
TRIGONOMETRI
RUMUS TRIGONOMETRI DASAR
RUMUS-RUMUS LAINNYA
RUMUS TRIGONOMETRI YANG LAIN
RUMUS JUMLAH / SELISIH 2 TRIGONOMETRI
RUMUS TRIGONOMETRI DASAR
RUMUS-RUMUS LAINNYA
RUMUS
TRIGONOMETRI DENGAN SEGITIGA BERSISI A B C
RUMUS JUMLAH / SELISIH 2 TRIGONOMETRI
Untuk penerapan
aplikasi nya,Trigonometri digunakan sebagai dasar pada pembuatan game-game.Pada
saat pemrograman untuk suatu game, Ada hal yang perlu melakukan seperti menemukan
jarak antara dua titik atau
membuat suatu objek berpindah tempat.Berikut ini adalah beberapa contoh:
- Memutar sebuah pesawat ruang angkasa atau kendaraan lainnya
- Penanganan lintasan proyektil tembakan dari senjata yang diputar dengan benar.
- Menghitung lintasan baru setelah tabrakan antara dua benda seperti bola bilyar.
- Menentukan jika terjadi tabrakan antara dua objek.
- Menemukan sudut lintasan (mengingat kecepatan obyek dalam arah x dan arah y)
Sekilas contoh dari pemanfaatan trigonometri dalam
game ataupun aplikasi grafik computer lain.
Perpindahan perahu pada game
tersebut memenuhi dalil phytagoras yang masih terkait trigonometri di dalamnya.
Dan
ingat
Contoh soal :
Penerapan Trigonometri pada masalah kali ini
berhubungan dengan Gelombang sinus (sinewave) yang merupakan gelombang mendasar
yang membentuk berbagai macam gelombang lainnya. Baik gelombang listrik, gelombang
elektromagnetik, dan gelombang lainnya. Untuk mengetahui bergabagai macam bentuk
gelombang yang dihasilkan oleh gelombang sinus, dapat diketahui dengan menggunakan
rumus umum matematika (rumus umum trigonometri). Hal tersebut dapat digambarkan
melaui sumbu x, sumbu y, maupun sumbu z.Dalam komputer grafik, gelombang sinus dapat
digambarkan dengan menggunakan aplikasi openGL., karena aplikasi openGL
merupakan aplikasi yang mampu membentuk suatu model grafik. Penerapan
trigonometri juga dapat deterapakan dalam Pemodelan film
animasi dengan 3dsMAX.